Sabtu, 02 September 2017

Cara Ampuh untuk Lolos dalam Seleksi Duta Anak Kabupaten Buleleng





Forum Anak Daerah Buleleng adalah sebuah organisasi dibawah naungan P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Kabupaten Buleleng. Forum Anak Daerah Buleleng dibentuk pada tanggal 10 Mei 2010, bersamaan dengan dibentuknya P2TP2A. Pada saat itu, FAD Buleleng dibentuk atas dasar dibutuhkannya wadah penyampaian hak dan aspirasi anak di Kabupaten Buleleng. Kemudian, ketiga delegasi anak kabupaten Buleleng yang mewakili Pemilihan Duta Anak Bali berinisiatif untuk membentuk Forum Anak di Kabupaten Buleleng dengan tujuan untuk menampung aspirasi anak. Selain itu, dengan terbentuknya Forum Anak di Kabupaten Buleleng juga memudahkan pemilihan duta anak perwakilan Buleleng diajang Pemilihan Duta Anak Provinsi Bali.
            FAD Buleleng merupakan organisasi yang menaungi permasalahan-permasalahan anak khususnya di Kabupaten  Buleleng. Sebegai generasi yang aktif dalam membantu pembangunan, maka dari itu saya memutuskan untuk mengikuti seleksi Duta Anak Kabupaten Buleleng. Seleksi ini tidak hanya mencari 5 Duta Anak, tetapi juga merekrut anggota FAD Buleleng untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial yang diadakan forum anak ini.
            Hal pertama yang tentu saja perlu Kamu persiapkan adalah menambah wawasan dan pemahaman mengenai anak, mulai dari tingkah laku anak di lingkungan tempat tinggal, hak-hak yang dimilki anak-anak Indonesia, hingga permasalahan-permasalahan yang terjadi pada anak dan solusi yang dapat diberikan dan diterapkan. Setelah itu, Kamu perlu mempersiapkan kemampuanmu dalam berbicara di depan umum. Hal ini penting untuk dipersiapkan mengetahui tugas utama seorang duta adalah dapat menjadi tutor yang baik. Satu lagi hal penting yang perlu Kamu lakukan adalah rajin berdoa kepada Tuhan, niscaya Kamu bisa menunjukkan yang terbaik.
            Jika hari perlombaan telah tiba, langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah melakukan registrasi untuk kelengkapan administrasi. Usahakan Kamu telah menyiapkan semua hal yang diperlukan jauh hari sebelum perlombaan untuk meminimalisir adanya kesalahan dan kekurangan yang dapat mengakibatkan turunnya konsentrasi dalam perlombaan. Kemudian, Kamu akan diarahkan untuk memasuki ruang perlombaan. Sembari menunggu kehadiran seluruh peserta, Kamu dapat membaca ulang materi-materi yang telah Kamu persiapkan sebelumnya. Kemudian para peserta akan dipanggil satu persatu untuk masuk kedalam ruangan. Terdapat tiga ruangan dengan juri yang berbeda. Ruangan pertama adalah ruangan yang akan menguji pengetahuan dan wawasan Kamu mengenai anak. Pertanyaan yang sering diberikan oleh juri di ruang ini adalah “kapankah hari anak nasional?”, “umur berapakah yang tergolong sebagai anak?”, dan “apa sajakah hak-hak yang dimiliki oleh anak?”. Yang perlu Kamu lakukan ketika berada di ruang pertama adalah menjawab pertanyaan dengan tenang dan sopan. Jangan sekali menjawab pertanyaan dengan asal-asalan dan ragu-ragu, jika Kamu memang tidak mengetahui jawaban sebenarnya, lebih baik untuk jujur mengatakan Kamu tidak mengetahui jawabannya. Di ruang selanjutnya, Kamu akan diberikan masalah-masalah yang sering terjadi di lingkungan sekitar. Kamu akan diminta untuk memecahkan dan memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Salah satu contoh masalah yang diberikan adalah “Banyak anak-anak di kota Singaraja yang mengonsumsi rokok, apa yang akan Kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?”. Dalam menjawab masalah-masalah yang ada, Kamu perlu menjawabnya dengan tenang dan sesuai pengalamanmu. Di samping itu, berikanlah solusi yang logis untuk diterapkan. Di ruangan terakhir, Kamu akan diminta untuk menunjukkan bakat yang Kamu miliki. Untuk menambah poin di ruangan ini, Kamu dapat menyertakan beberapa piagam yang sesuai dengan bakat yang Kamu tunjukkan. Setelah melalui ketiga ruangan tersebut, Kamu akan kembali keruangan awal, disini Kamu akan diminta untuk memperkenalkan diri Kamu sedetail mungkin. Banyak hal yang dinilai disini, perkenalkanlah dirimu dengan gaya bahasa yang sopan, santun, dan berwibawa. Tunjukkanlah kemampuan berbicaramu sebaik mungkin sehingga Kamu dapat menunjukkan bahwa Kamu pantas menjadi seorang duta.
            Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips-tips yang telah saya jelaskan diatas, niscaya Kamu dapat terpilih menjadi seorang duta anak. Tentunya juga Kamu perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk mendukung dirimu menjadi seorang duta.



Oleh: Dwi Widyadnyana

2 komentar: