Jumat, 02 Juni 2017

MUTIARA BANGSA


Hari anak internasional  diperingati setiap tanggal 1 juni yang terbangun dalam Konvensi Internasional Women Democratic Federation di Moskow,1949.Berbicara tentang anak telah kita ketahui bahwa anak merupakan mutiara bagi setiap bangsa. Ya mutiara, yang harus dijaga dan dibina agar menjadi penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas. Di era globalisasi seperti ini sudah marak terjadi kekerasan pada anak maupun pengekangan terhadap hak-hak anak, baik yang dilakukan di lingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat. Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal tersebut , sangat diperlukannya peranan orang tua,pemerintah maupun organisasi-organisasi yang bergelut dalam bidang ini .
            Orang tua merupakan elemen yang paling penting dalam pembentukan karakter anak. Sudah sepatutnya orang tua membentuk karakter anak dengan tidak menggunakan kekerasan. Masa remaja merupakan masa-masa mencari jati diri, Jika tidak adanya peranan orang tua dalam hal ini maka anak akan beralih ke hal-hal yang cenderung negatif.
            Selain orang tua, pemerintah juga berperan penting dalam hal ini.peranan pemerintah sangat diperlukan, Karena maraknya terjadi  kekerasan serta pengekangan terhadap hak-hak anak. Kekerasan terhadap anak tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat menggangu kondisi psikis maupun mental sang anak.
            Organisasi-organisasi yang bergelut dalam bidang anak juga dapat menjadi wadah bagi anak-anak dunia untuk menyalurkan aspirasi serta inspirasinya. Organisasi anak ini juga diharapkan dapat membuat anak-anak yang broken home tidak meyimpang ke pergaulan bebas dan melalui organisasi anak mereka memiliki tempat untuk menyalurkan minat dan bakatnya ke hal yang positif.
            Marilah kita semarakkan hari anak internasional ini dengan memperjuangkan hak-hak anak. dan tentunya sebagai generasi muda jangan sampai kita terjerumus ke hal-hal yang negatif agar mutiara setiap bangsa tetap putih, suci dan bersinar.

Oleh : Lia Kristina

0 komentar:

Posting Komentar