Sabtu, 15 Juli 2017

Manfaat Ekskul

Salam Anak Buleleng!🙌

Halo teman-teman,apa kabar?
Wahh pasti udah pada mulai sekolah kan? Ada yang lagi MPLS maupun yang udah naik kelas dan mulai beradaptasi di kelas barunya nih hehe
Oh iya,kalian udah memutuskan untuk ikut ekstra atau belum?atau masih pada bingung nih?atau ada yang males untuk ikut ekstra kurikuler? Yahhhh.. jangan malas untuk ikut ekskul dong! 
Ayo pilih ekstra kurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat kalian yaa. jadi kalian akan sangat senang dalam menjalaninya hehe. Oh iya, buat kalian yang masih malas untuk ikut ekstra kurikuler,aku mau ngasih tau nih beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan jika kalian mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. 

Semoga bisa membuat kalian termotivasi untuk ikut ekskul yaaa!

1. Ilmu pengetahuan yang didapatkan siswa lebih kontekstual (nyata)

Jika dalam kegiatan intrakurikuler kebanyakan anak mempelajari hal-hal yang bersifat teoritis maka pada kegiatan ekstrakurikuler anak akan lebih banyak belajar hal yang lebih bersifat praktis atau praktikum.
Misalkan di dalam kelas guru mengajarkan bagaimana pentingnya kerja sama maka dalam kegiatan ekstrakurikuler anak-anak akan mempraktekkan langsung tentang manfaat dari kerjasama karena kebanyakan aktivitas dalamkegiatan ekstrakurikuler mengajarkan tentang kerjasama team. Jadi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler cenderung lebih bermakna.

2. Sebagai ajang pengembangan ilmu pengetahuan siswa.

Hal-hal positif lainnya dari kegiatan ekstrakurikuler bagi anak adalah kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan anak. Misalkan  dalam kegiatan intrakurikuler anak diajarkan tentang kepemimpinan maka dalam kegiatan ekstrakurikuler anak akan lebih memaknai sikap kepemimpinan tersebut seperti seorang pemimpin harus memiliki sikap bertanggung jawab, berani, jujur, dapat dipercaya dll.

3. Melatih kemampuan berpikir anak 

Manfaat lain dari kegiatan ekstrakurikuler dari segi kognitif ialah melatih kemampuan berpikir anak.
karena kebanyakan kegiatan ekstrakurikuler menyajikan materi yang menantang kemampuan anak seperti games, perlombaan, petualangan, kerjasama team dll yang pada hakikatnya erat kaitannya dalam kemampuan berpikir anak dalam menyelesaikan masalah atau tugas dalam kegiatan ekstrakurikuler.

4. Siswa akan lebih disiplin 

Kegiatan ekstrakurikuler juga mengajarkan anak menjadi pribadi yang disiplin dan tahu bagaimana cara menghargai waktu.

5. Menumbuhkan sikap berani dalam diri siswa 

Hal positif selanjutnya dari kegiatan ekstrakurikuler adalah anak akan menjadi pribadi yang lebih berani. Hal tersebut terjadi karena anak banyak melakukan kegiatan positif dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti  pertandingan, games petualangan, kegiatan yang membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat.

6. Wahana dalam menemukan bakat siswa 

Agar bisa mengetahui bakat anak sejak dini sebaiknya anak tersebut mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Karena kegiatan ekstrakurikuler merupakan ajang untuk menggali potensi dan kemampuan anak. Bakat anak bisa diketahui melalui berbagai kegiatan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya.

7. Sarana menyalurkan minat siswa 

Ada banyak jenis ekstrakurikuler dan biasanya anak akan cenderung mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi kesenangan dan kegemarannya, melalui kegiatan ekstrakurikuler tersebut anak akan bisa menyalurkan minatnya sekaligus mengembangkan bakat yang dimiliki.


Nah itu dia beberapa manfaat dari mengikuti ekstra kurikuler teman-teman! 
Yuk keluar dari zona nyaman dan asah bakatmu!! 😊😊


Oleh : Ni Made Dwi Wahyuni (Duta Anak Buleleng 2017 Komisi Partisipasi) 

0 komentar:

Posting Komentar