Rabu, 31 Mei 2017

SEGUDANG BAHAYA BENDA SILINDER



Rokok. Siapa yang tidak kenal dengan rokok? Benda silinder yang mempunyai panjang antara 70-120mm atau berbeda-beda di setiap negara. Sebenarnya, benda silinder ini awalnya tidak setenar dan seterkenal sekarang, dahulu rokok hanya digunakan dalam upacara atau ritual oleh Bangsa Indian. Kemudian, Bangsa Eropa mencicipi rokok dan akhirnya kembali ke rumahnya dengan rokok. Setelah itu, rokok ketenarannya langsung melejit, banyak pabrik yang mulai memproduksi rokok hingga ketenarannya sampai seperti saat ini.
Di samping ketenarannya, ternyata rokok memiliki segudang bahaya. Bahaya yang ditimbulkan rokok dikarenakan sejumlah bahan kimia yang terkandung dalam rokok. Apa saja bahan kimia yang terkandung di dalam rokok. Bahan kimia yang terkandung di dalam rokok diantaranya nikotin yang menyebabkan kecanduan lebih berat dari morfin, tar yaitu senyawa yang terdiri dari 40.000 bahan kimia dan 6.000 diantaranya bersifat karsinogenik, racun tikus, bahan pembuat plastik, sianida, dan masih banya lagi.
Karena mengandung banyak sekali bahan berbahaya tentu rokok dapat berdampak sangan buruk terhadap tubuh kita. Dampak dari rokok diantaranya,
1. Rambut rontok
Rokok dapat menyebabkan rambut rontok karena rokok dapat menghambat oksigenasi karena kandungan nikotin yang dapat mennyempitkan arteri sehingga aliran darah yang mengandung oksigen ke rambut kurang
2. Kanker paru-paru
Adanya kandungan tar yang memiliki 4.000 bahan kimia yang bersifat karsinogenik atau bersifat menyebabkan kanker yang menyebabkan perokok dapat terkena kanker paru-paru.
3. Katarak
Mata tersusun dari protein yang sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet dan radikal bebas. Ketika mata terpapar sinar ultraviolet dan radikal bebas maka protein mata akan rusak dan mengendap di retina sehingga menyebabkan cahaya tidak dapat jatuh di retina. Kenapa rokok dapat menyebabkan katarak? Karena rokok merupakan radikal bebas yang dapat merusak protein dari mata.


Sebenarnya rokok memiliki bahaya lainnya yang berdampak bagi tubuh kita. Bagaimana? Masih mau merokok? Jauhi rokok mulai sekarang. Selamat hari tanpa tembakau sedunia.


Oleh      : Dewa Made Hary Bastila
Sebagai : Anggota Forum Anak Kabupaten Buleleng

0 komentar:

Posting Komentar